11/25/2012 09:03:00 AM
0
Institut Teknologi Sepuluh Nopember…

Banyak orang Indonesia pasti tau tentangnya. Sebuah Institut Ternama di Indonesia yang telah berulangkali menorehkan prestasi mulai dari tingkat Nasional hingga Internasional. Ribuan karya di ajang kompetisi telah diikutkan setiap tahunnya oleh Institut yang kerap dikenal dengan ITS ini. Hingga saat ini ITS telah mempunyai banyak inovasi-inovasi berupa karya nyata mulai dari bidang sosial masyarakat, teknologi terapan dan teknologi tepat guna yang dihasilkan baik dari mahasiswanya atau para dosennya serta banyak dari karya-karya tersebut yang telah diakui di tingkat nasional hingga internasional atau bahkan sudah digunakan oleh masyarakat secara umum seperti GreenFlame, Hetrick, EduGames dll.

Namun hanya segelintir dari karya-karya tersebut yang berkelanjutan dan membawa manfaat bagi masyarakat. Selebihnya hanya sebagai kenangan prestasi dan pengharum ITS dari sebuah ajang perlombaan saja. Padahal kebanyakan dari karya-karya ITS sangat prospektif dan cukup solutif untuk permasalahan-permasalahan global jika ditindaklanjuti, sebagai contoh mobil bertenaga surya buatan ITS yang juga pernah meraih reward namun sekarang hanya tergeletak digudang, satu lagi sebuah aplikasi untuk test psikologi anak SMA agar cocok dengan jurusan yang dipilihnya saat menginjak bangku perkuliahan, game-game edukasi serta perangkat lunak sejenisnya juga tidak ada keberlanjutannya. Masalah ini bisa dibilang sepele bisa juga tidak. Sebenarnya hal yang perlu digaris bawahi dalam tujuan penciptaan sebuah karya adalah untuk penyelesaian masalah dan keberlanjutannya, bukan hanya untuk sekedar mencari penghargaan setelah itu selesai.

ITS boleh dibilang handal dalam memunculkan inovasi-inovasi baru dari karya-karya yang dihasilkan mahasiswanya ataupun research para dosennya. Namun ITS telah mengabaikan satu hal, yaitu  memberi fasilitas agar karya-karya tersebut agar terus berkelanjutan dan nantinya dapat digunakan oleh masyarakat umum, yang juga merupakan misi ITS yaitu pengabdian kepada masyarakat.

ITS-CUBE, sebuah fasilitas yang ditawarkan untuk mewadahi seluruh karya-karya yang telah dibuat ITS dan pernah menjuarai di event-event nasional atau internasional. Fasilitas ini berupa sebuah tempat khusus untuk karya-karya tersebut sehingga setiap karya terindex di dalamnya dan siapapun yang ingin mengetahui prestasi dan karya-karya ITS cukup untuk berkunjung di tempat ini. Fasilitas ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi ITS dari setiap penggunanya, karena setiap pengunjung akan mendapat banyak informasi dan inspirasi dari fasilitas ini. Bahkan bisa jadi ada yang bersedia menjadi investor untuk pengembangan salah satu karya di dalamnya. Para investor akan sangat dimudahkan dengan adanya fasilitas jika ingin mendanai sebuah karya dari ITS untuk keberlanjutannya, karena semua informasinya terecord didalamnya. Bayangkan saja jika tidak ada fasilitas ini, mereka pasti direpotkan dalam mencari informasi  lengkap tentang sebuah karya yang pas yang hendak mereka danai. Tetapi dengan adanya fasilitas ini bisa diperkirakan karya-karya ITS akan jelas keberadaannya, dan juga jika ada yang berminat dengan salah satu karya tersebut sang pemilik juga akan diuntungkan karena karyanya akan mendapatkan seorang investor dan karya tersebut akan terus berlanjut.  Sehingga dengan adanya fasilitas ini semua pihak akan diuntungkan.

Semua adalah opini saya, untuk saran terhadap kampus saya. Jika ada yang  kurang berkenan dari tulisan saya, saya hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Oleh karena itu saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

0 comments: