3/17/2015 06:45:00 AM
0
A. Pengertian dan Tujuan DMO
Dalam dunia database SQL Server, dikenal sebuah istilah DMO (Dynamic Management Objects). DMO adalah sebuah fitur yang disediakan oleh SQL Server yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai aktivitas software dan dapat digunakan untuk memeriksa status instance SQL Server, diagnosa permasalahan dan melakukan peningkatan performa database, dengan kata lain kumpulan object SQL Server yang disimpan di dalam system schema (sys). Objek yang terdapat di dalamnya memungkinkan Admin database untuk memantau server dari database dan aktivitasnya.

B. Klasifikasi DMO
Dalam klasifikasinya DMO dibagi menjadi dua jenis, yaitu Dynamic Mangement View dan Dynamic Management Function.

1. Dynamic Mangement View
Dynamic Management View adalah DMO yang berisikan informasi tentang tabel skema database sys dalam bentuk view.

2. Dynamic Management Funtion
Dynamic Management Function adalah DMO yang berisikan informasi tentang tabel skema database sys dalam bentuk nilai- nilai fungsi.

Dynamic management views dan functions dapat dicontohkan dalam beberapa kategori yang telah disusun berikut :

1. Database Mirroring Related Dynamic Management Views: Pada bagian ini berisi penjelasan tentang pandangan manajemen yang dinamis.

a. sys.dm_db_mirroring_connections  : Pengembalian berturut-turut untuk setiap koneksi didirikan untuk database mirroring.
b. sys.dm_db_mirroring_auto_page_repair :   Mengembalikan baris untuk setiap otomatis halaman-perbaikan upaya pada database cermin pada contoh server.

2. Filestream and FileTable Dynamic Management Views : Pada bagian ini berisi tentang pandangan manajemen yang dinamis terkait dengan FILESTREAM dan fitur FileTable.

a. sys.dm_filestream_file_io_handles : Menampilkan menangani file transaksional yang sedang terbuka.
b. sys.dm_filestream_file_io_request: Menampilkan file input dan output file saat permintaan.
c. sys.dm_filestream_non_transacted_handles : Menampilkan file non-transaksional saat ini terbuka menangani data FileTable.

3. Replication Related Dynamic Management Views : Pada bagian ini berisi tentangobjek manajemen dinamis berikut digunakan oleh replikasi.

a. sys.dm_repl_articles : Pengembalian informasi tentang objek database diterbitkan sebagai artikel dalam topologi replikasi.
b. sys.dm_repl_schemas : Pengembalian informasi tentang kolom tabel diterbitkan oleh replikasi.
c. sys.dm_repl_tranhash : Pengembalian informasi tentang transaksi yang direplikasi dalam publikasi transaksional.
d. sys.dm_repl_traninfo : Mengembalikan informasi pada setiap transaksi direplikasi atau menangkap perubahan data.




Sumber:

0 comments: