11/24/2012 08:50:00 PM
0
Selamat jumpa kembali sahabat blogger..
Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya beberapa hari kemarin tepatnya tanggal 20-21 November 2012. Hari itu saya mengikuti sebuah seminar yang diadakan oleh KOMINFO yang bertempat di Hotel Garden Palace Surabaya. Tema yang diangkat dalam seminar tersebut adalah “Ancaman Terhadap Kebocoran Informasi dan Penanganan Incident”. Event ini diadakan selama 2 hari dengan rincian hari pertama adalah seminar dan hari kedua adalah workshopnya.
 
Pada hari pertama seminar dilangsungkan dengan 2 sesi. Sesi pertama dimulai dari pukul 09.00 – 13.00 WIB. Dalam sesi yang pertama ini terdapat 5 materi seminar yang masing-masing dibawakan oleh pakar dan ahli dalam materi tersebut. Adapun materi-materi tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Kebijakan Pengamanan Informasi Nasional.
  2. Pentingnya Pengamanan Internet pada Pemerintah Daerah dalam Penerapan Regulasi dan Perundangan.
  3. Pendidikan dan Penelitian Pengamanan Informasi secara Nasional.
  4. Dukungan Komunitas Penggiat Pengamanan Informasi terhadap Asetaset Nasional.
  5. Honeynet Sebagai Salah Satu Bentuk Kontribusi Pengamanan Informasi di Lokal, Nasional dan Internasional.
Setelah sesi pertama usai, maka para peserta dipersilahkan untuk ISHOMA (Istirahat, Sholat dan Makan Siang). Selanjutnya adalah Sesi 2
 
Dalam sesi 2 ini merupakan sesi diskusi lanjutan disertai dengan rangkaian acara Tanya-jawab. Sesi 2 ini dimulai dari 13.00-17.00. Pada akhir acara para panitia acara membagikan sertifikat dan sebuah flashdisk berukuran 4GB yang berisi semua materi seminar yang telah disampaikan dari awal hingga akhir.

Untuk hari yang kedua sayangnya saya tidak dapat mengikutinya, karena satu instansi hanya diperbolehkan 1 perwakilan. Sebenarnya juga acara ini diperuntukkan hanya untuk pemprov, dan instansi-instansi yang ada di jatim, namun berhubung kampus saya sebagai panitia acara dan sebagai partner KOMINFO dalam menyelenggarakan acara ini jadi walau saya sebagai mahasiswa saya tetap boleh ikut.

bagi yang ingin mendownload semua materi yang saya dapat dalam seminar hari itu bisa di download di link bawah ini.

0 comments: